Menu Close

Gigi susu rapat berpotensi bikin gigi permanen tak rapi

Jakarta (ANTARA News) – Ada sebagian orang yang beranggapan jika gigi susu tumbuh rapi, maka gigi tetapnya juga akan rapi saat tumbuh.

Ternyata, anggapan itu tidak selalu benar. 

“Gigi susu ukurannya kecil. Gigi dewasa ukurannya besar. Kalau gigi susu rapat-rapat (letaknya) saat gigi tetap tumbuh, akan berantakan karena tidak cukup ruangnya,” ujar dokter spesialis ortodonsia dari RSPI Pondok Indah, drg. Irwin Lesmono, SpOrt di Jakarta, Rabu. 

Namun, jika gigi susu tumbuh dengan letak relatif renggang, maka gigi tetap cenderung memiliki ruang untuk tumbuh sehingga risiko dia tumbuh berantakan lebih sedikit. 

Selain masalah ruang, rapi atau tidaknya gigi tetap juga bisa disebabkan sejumlah variabel salah satunya kebiasaan menggigit jari, menghisap jari dan lainnya. 

Irwin menyarankan anak-anak sedini mungkin memeriksakan kondisi giginya pada dokter agar masalah gigi yang terjadi bisa terdeteksi dan dokter bisa membuat rencana perawatan. 

“Periksa gigi sedini mungkin. Dari usia 7 tahun gigi tetap keluar, secara periodik dimonitor kalau ada kelainan misalnya rahang bawah maju, bisa dicegah,” kata dia. 

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2019