Menu Close

Ingin ruangan berefek tenang? Pakai cat warna ini

Jakarta (ANTARA News) – Siapa bilang pengaplikasian warna netral semisal abu-abu pada dinding bisa menimbulkan kesan dingin dan kaku?

Ahli terapi warna sekaligus Kansai Paint Colour Ambasador, Claire Bond mengatakan warna netral seperti abu-abu dipercaya mampu memberikan efek menenangkan, meningkatkan perasaan nyaman, meredam stres dan menciptakan keseimbangan. 

“Kaum profesional merekomendasikan penggunaan warna netral seperti abu-abu, hitam dan biru untuk memberikan kesan lapang pada ruangan dengan luasan terbatas,” ujar dia di Jakarta, Kamis. 

Psikolog pernah mengatakan warna netral seperti abu-abu dianggap mampu membawa keseimbangan dalam pikiran. Terlebih jika dipadankan dengan elemen biru atau putih. 

“Kombinasi tepat pada warna abu-abu juga dapat menampilkan keanggunan sehingga memberikan kesan elegan pada sebuah ruangan,” tutur Claire. 

Dia menambahkan, abu-abu yang merupakan warna netral dan populer dari wilayah Afrika sampai Asia bisa memunculkan kesan dingin dan cocok diterapkan pada ruangan untuk meditasi. 

Ada beberapa trik saat menggunakan warna abu-abu untuk ruangan Anda, seperti dilansir Real Simple, salah satunya jangan menggunakan cat semigloss atau bahkan high-gloss, di dinding. 

“Karena abu-abu apa pun yang Anda pilih akan terlihat seperti logam industri,” kata Mark Chamberlain, seorang pelukis asal New York dan seorang kolumnis warna untuk apartmenttherapy.com. 

Selain itu, menambahkan berbagai sumber cahaya seperti lampu gantung atau lampu meja di ruangan berwarna abu-abu, bisa menjadi pilihan bagus untuk membuat ruangan tampak elegan. 

Baca juga: Stres? coba rehatlah sejenak dari aktivitas Anda

Baca juga: Jelang Lebaran DuluxCatylac rekomendasikan tiga warna dekorasi interior

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2019